komponen komputer


Komponen – Komponen PC
Komponen-komponen PC adalah bermacam-macam hardware yang mempunyai fungsi tertentu dalam membantu kerja suatu PC (Personal Computer).

Cassing

Cassing adalah suatu perangkat PC yang berfunsi sebagai baju atau pembungkus seluruh komponen PC yang ada.

motherboard

Motherboard merupakan suatu komponen PC yang terdiri antar slot-slot dan socket-socket yang menghubungkan antara hardware satu dengan hardware lain. Motherboard terdapat berbagai macam type diantaranya AMD Socket 939, AMD Socket LGA 775, Intel socket 478, Intel socket LGA 775.

Harddisk

Harddisk adalah media penyimpanan data dalam PC. Kapasitas bervariasi antara 10 Gb s/d 500 Gb. Harddisk menurut sumber yang saya baca ada 2 type yaitu: PATA, dan SATA.
PATA (Paralel Advanced Technology Attachment) adalah standart interface yang digunakan untuk perangkat storage pada PC, seperti drive optic dan hardisk. Pada awalnya PATA dikenal dengan ATA (Advanced Technology Attachment) atau juga sering disebut IDE, ATAPI, dan UDMA.
SATA ( Serial Advanced Technology Attachment) adalah sebuah standart interface dan command set untuk transfer data antar – device ke PC bus. Berbeda dengan IDE yang menggunakan signal parallel, SATA berkerja secara serial. Memungkinkan penggunaan kabel data yang lebih ringkas, jarak kabel yang lebih panjang, dan transfer speed yang lebih cepat. Yang banyak digunakan memiliki transfer data rate 150MB/s (SATA-150).
Berdasarkan data diatas performa SATA lebih baik daripada PATA. Hal ini dikarenakan interface SATA lebih baik daripada PATA.

RAM

RAM (Read Accses Memory) adala suatu memori yang digunakan untuk menyimpan data sementara sebelum disimpan dalam memori utama. RAM menurut sumber yang saya ketahui ada beberapa type yaitu EDORAM, SDRAM, RAM DDR, RAM DDR2, dan RAM DDR3

CD/DVD Rwriter

CD/DVD Rwriter adalah suatu perangkat atau komponen komputer yang berfungsi untuk membaca data dalam format CD,DVD. Da juga berfungsi untuk memburning data pada media CD Rom atau CD Rw.

Floppy Drive

Floppy Drive adalah suatu perangkat atau komponen PC yang berfungsi untuk membaca data dalam bentuk disket (floppy). Floppy drive sendiri ada beberapa macam sesuai dengan jenis disketnya seperti floppy drive 5 ½ inci, floppy drive 3 ½ inci, dll.

Sound Card


Sound card adalah suatu komponen PC yang berfungsi sebagai sarana untuk mempertinggi kualitas suara yang dihasilkan. Sound card juga berfungsi untuk komponen audio pada PC.

Video Card
Video Card adalah suatu komponen PC yang fungsinya berkaitan dengan video dan picture, semakin bagus Video Card yang dipakai maka kualitas gambar yang ditampilkan semakin baik pula. Salah satu type Video Card adalah PCI Express.
Processor
Processor merupakan otak yang dimiliki oleh PC tanpa processor sebuah PC tidak akan dapat digunakan. Contoh processor adalah Intel, AMD. Dan masing – masing processor mempunyai spesifikasi yang berbeda semakin bagus spesifikasinya semakin bagus pula harganya.
Monitor


Monitor merupakan suatu media untuk menampilkan data yang ada. Monitor mempunyai beberapa ukuran yaitu 14 inch, 17 inch, dll. Teknologi monitor paling awal adalah CRT (Cathode Rays Tube) dengan menggunakan tabung-tabung senapan electron. Selanjutnya ditemukan teknologi LCD (Liquid Crystal Display), LED (Light Emitting Diode), EL (Elekctroluminescent) dan layar plasma. Teknologi monitor diatas memiliki kesesuaian tersendiri dengan jenis komputer dan aplikasinya.
Modem


Modem (Modulatordemodulator) adalah suatu perangkat yang digunakan untuk merubah data dari bentu digital ke bentuk analog. Data yang sudah dirubah ke bentuk analog oleh modem kemudian ditransmisikan lewat jalur transmisi dan diterima oleh modem kedua yang akan merubah kembali menjadi bentuk digital.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: