Pengertian Resolusi


Optic Resolution

Resolusi optik menggambarkan kemampuan dari suatu sistem pencitraan untuk menyelesaikan detail pada objek yang sedang digambarkan.

Sebuah sistem pencitraan individu mungkin memiliki banyak komponen termasuk lensa dan merekam dan menampilkan komponen. Masing-masing memberikan kontribusi kepada resolusi optik dari sistem, karena akan lingkungan di mana pencitraan dilakukan.

Display Resolution

Resolusi layar televisi digital atau perangkat menampilkan jumlah piksel yang berbeda pada setiap dimensi yang dapat ditampilkan. Ini bisa menjadi istilah ambigu terutama karena resolusi yang ditampilkan dikontrol oleh semua faktor yang berbeda dalam tabung sinar katoda (CRT) dan flat display panel atau proyeksi menggunakan elemen fixed-picture (pixel) array.

Salah satu penggunaan istilah “resolusi layar” berlaku untuk fixed-pixel-array display seperti plasma display panel (PDPs), liquid crystal display (LCD), Digital Light Processing (DLP) proyektor, atau teknologi serupa, dan hanya fisik jumlah kolom dan baris dari pixel membuat layar (misalnya, 1920 × 1200). Sebagai konsekuensi dari grid memiliki tampilan yang tetap adalah bahwa, untuk multi-input video format, semua menampilkan memerlukan “mesin skala” (prosesor video digital yang mencakup memori array) untuk mencocokkan format gambar yang masuk ke layar.

Perhatikan bahwa penggunaan kata resolusi di sini adalah menyesatkan. Istilah “resolusi layar” biasanya digunakan untuk menyebut piksel dimensi (misalnya, 1920 × 1200), yang tidak menceritakan apa pun tentang resolusi layar di mana foto tersebut benar-benar terbentuk. Pengukuran digital resolusi layar akan diberikan dalam pixel per inci. Dalam pengukuran analog, jika layar 10 inci tinggi, maka resolusi horizontal diukur di persegi lebar 10 inci. Ini biasanya dinyatakan sebagai “xxx resolusi garis horizontal, per gambar tinggi.” Contoh: Analog TV PAL NTSC dan biasanya dapat menampilkan 480 (untuk NTSC) garis horisontal resolusi, per gambar tinggi yang setara kepada 640 total baris dari tepi kiri ke tepi kanan.

2 Responses

  1. tanks gan… ini yg gw butuhin

    • wuokeh gan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: