Teknologi Haptic


Teknologi haptic adalah teknologi dimana kita dapat merasakan suatu benda secara virtual (benda-benda yang hanya ada pada simulasi computer). Haptic mengambil data melalui rasa dari penggunanya dengan menerapkan sentuhan, getaran dan mosi. Haptic diciptakan untuk mengendalikan objek virtual dan peningkatan remote control machine dan teleoperator.
Teknologi Haptic telah memungkinkan untuk menyelidiki secara rinci bagaimana perasaan manusia. sentuhan bekerja dengan memungkinkan penciptaan haptic dikontrol dengan hati-hati terhadap benda-benda virtual. Objek-objek ini digunakan untuk menggali secara sistematis kemampuan haptic manusia, yang kalau tidak akan sulit dicapai. Alat penelitian baru ini memberi kontribusi pada pemahaman tentang bagaimana sentuhan dan fungsi otak yang mendasari kerja.
Kata haptic, berasal dari bahasa Yunani ἁπτικός (haptikos), berarti berkaitan dengan rasa sentuhan dan berasal dari kata kerja Yunani yang berarti ἅπτεσθαι haptesthai “kontak” atau “sentuhan”.

Sejarah haptic
Bentuk yang paling awal dari haptic digunakan pada pesawat modern besar yang menggunakan sistem servomechanism untuk mengoperasikan sistem kontrol. Sistem seperti itu cenderung “satu arah” dalam gaya-gaya aerodinamis sehingga pada pengendalian tidak dirasakan pengontrolan. Maka untuk itu gaya yang hilang tersebut disimulasikan dengan pegas dan bobot. Pada tahun sebelumnya ada sebuah pesawat ringan tanpa system servo, ketika pesawat mendekati titik stall (jatuh karena kekurangan kecepatan) gaya itu dirasakan oleh pilot. Tetapi gaya tersebut tidak dapat dirasakan ketika system control servo digunakan. Maka untuk mengatasi kekurangan ini sebuah “stick shaker”(alat getar) digunakan. simulasi efek dari sebuah sistem kontrol sederhana Ini dikenal sebagai haptic feed back. Gaya feedback ini juga sudah diujicobakan ke ekskavator Hal ini berguna ketika menggali bahan-bahan campuran seperti batu-batu besar yang tertanam di lumpur atau tanah liat. Karena memungkinkan operator ‘merasa’ di tempat yang tidak terlihat, membuat peningkatan yang signifikan dalam produktivitas.

Penerapan teknologi haptic

Komputer dan Video Games

Beberapa perangkat haptic sederhana pada video game biasanya berbentuk tuas dan setir. Biasanya fitur tersebut hanya perangkat opsional dari video games (seperti Nintendo 64 controller’s Rumble Pak). Sekarang banyak dari konsol generasi baru pengendali dan beberapa fitur joystick dibangun, seperti perangkat (seperti Sony’s DualShock teknologi). Contoh dari fitur ini adalah simulasi setir mobil yang deprogram sehingga operator bisa merasakan track mobil tersebut.
Pada tahun 2007 novint merilis falcon peralatan 3D pertama untuk konsumen dengan resolusi yang sangat tinggi, menyediakan simulasi haptic dari objek, texture, momentum dan kehadiran fisik objek pada permainan.

Handphone Konsumen Technologies

Haptic sekarang sudah menjadi umum digunakan pada perangkat seluler. Produsen seluler seperti LG dan Motorola sudah memasukan teknologi haptic pada perangkat mereka. Haptic teknologi yang diterapkan kebanyakan berbentuk getaran dan layar sentuh.

Kedokteran
Beberapa jenis teknologi haptic sudah terbukti berguna bagi pelatihan prosedur invasif minimal (laparoscopy/interventional radiology) dan pembedahan yang di lakukan secara remote menggunakan teleoperator, Kegunaan dari metode ini adalah pembedah dapat melakukan banyak pembedahan dari tipe yang sama tanpa kelelahan. Hal ini didokumentasikan dengan baik bahwa seorang ahli bedah yang melakukan prosedur lebih jenis tertentu akan memiliki statistik hasil yang lebih baik bagi pasien-pasiennya. Haptic interfaces juga digunakan dalam Rehabilitasi robotika.
Sebuah “Virtual Haptic Back”(VHB)telah sukses diintegrasikan ke kurikulum siswa di Ohio University College of Osteopathic Medicine. Penelitian menunjukan bahwa VHB membantu mengajar secara signifikan dalam diagnosis palpatory (mendeteksi masalah kesehatan melalui sentuhan). VHB mensimulasikan kontur dan bentuk dari punggung manusia yang direaba dengan dua haptic interface (SensAble Technologies, PHANTOM 3.0).

3 Responses

  1. mantab

  2. nugieee….minta url blog temen2 donk….

    • lu liat aj blog gw… sepi ga ada yg gw taro urlnya… wakakakaka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: