Efek Dari Game



+ dan – dari game

Seperti kita tahu dalam setiap kegiatan pasti akan ada efeknya baik efek positif maupun negative. Efek-efek yang ditimbulkan dari suatu kegiatan akan berpengaruh baik terhadap diri sendiri maupun kepada orang lain.
Dalam pembahasan kali ini saya akan efek-efek yang mungkin timbul dari game.

Efek negative

Game = narkoba
Seorang psikolog jerman mengklaim bahwa memainkan game dapat membuat kecanduan. Sama seperti ketika memakai candu jenis lainnya. Klaus Woelfling, psikolog dan kepala Clinic for GamingAddiction di University of Mainz menyebutkan bahwa jika pengguna memutuskan hubungan dengan computer mereka akan melalui gejala klasik seperti mengucilkan diri. Pecandu yang tidak dapat mengakses game mereka juga bisa memperlihatkan gejala seperti detak jantung yang tidak normal ataupun keringat berlebih. Ini serupa dengan orang yang mulai meninggalkan obat-obatan. Pecandu game juga biasanya sering memimpikan game atau berhalusinasi tentang game.

Game = kelakuan kasar
Seorang ahli psikologi, Bruce Bartholow dari universitas Missouri-Columbia, AS, dan koleganya menemukan bahwa orang yang bermain game kekerasan menunjukan respon otak yang menurun terhadap gambar kekejaman yang asli seperti pertempuran senjata. Respon otak yang berkurang ini tidak terjadi ketika dihadapkan pada sebuah gambar yang menggugah emosi seperti hewan mati atau anak sakit. Menurutnya, mungkin hal ini berhubungan dengan kecenderungan berkelakuan kasar

Efek Positive

Game = peningkatan konsentrasi
Game bisa membuat sensiifitas kontras mata lebih baik 54%. Khususnya pada game action atau tembak-tembakan karena didalam game ini kita harus bergerak cepat yang membuat sensor saraf mata akan bekerja lebih cepat hingga mata akan bekerja lebih cepat hingga mata akan melemparkan sensor ke daerah otak paling dalam. Hal ini membuat konsentrasi kita semakin tinggi jika mengerjakan suatu hal.

Game = peningkatan kemampuan membaca
Banyak ilmu pengetahuan yang disisipkan kedalam game, sehingga apabila kita bermain game dan mengamati alur ceritanya maka akan sama dengan membaca buku.

Game = kepekaan terhadap lingkungan
Beberapa game mengharuskan pemainnya berinteraksi dengan lingkungan sekitar(di dalam game) untuk menyelesaikan misi. Contoh Crysis, half life, penumbra. Sehingga melalui game kita bisa belajar berinteraksi didunia nyata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: