Prospek Profesi Game Developer


game developer adalah salah satu profesi yang masih sangat jarang sekali kita temui di Indonesia
apakah game developer adalah suatu profesi yang menjanjikan?
apakah perkembangan Indonesia sudah cukup untuk dapat menampung para game developer berikut pendapat para ahli mengenai prospek game developer yang dikutip dari http://marlinsugama.blogspot.com/2010_01_01_archive.html

Testimonial: Satya Hody- Menara Games
Game Developer:
Sangat baik bila dapat menemukan terobosan business model untuk pasar lokal, atau ikut serta secara langsung pada pasar internasional dengan karya yang bersaing.

Testimonial: Sunny Gho Director, Imaginary Friends Jakarta
Game developer dan animator bisa jadi pilihan profesi utama dan prospeknya sangat baik sekali dengan meningkatnya kebutuhan terhadap komputer dan media visual, dan aplikasi interaktif. Meski begitu, di Indonesia profesi ini baru berkembang dan masih sangat kurang jumlah lembaga pendidikannya yang saya cukup krusial untuk menarik minat dan mencetak profesional- profesional yang berkualitas. Jika ada perhatian dari pemerintah dalam bidang ini baik secara industri maupun pendidikan, saya yakin kontribusi kedua profesi ini terhadap perkembangan industri kreatif akan sangat besar andilnya.

Testimonial: Yoris Sebastian. Owner and Creative Consultant. OMG Consultant
Prospek animator dan game developer ke depannya akan sangat baik, ini seperti saat saya berbicara soal industri musik di kala 85% konsumsi musik masih ke musisi luar negri bahwa nantinya pasar akan beralih ke musik lokal karena faktor bahasa. Jadi begitu musik kita bisa sebaik musik luar karena referensi yang terbuka secara global namun faktor bahasa membuat kita lebih prefer msuik lokal.

Testimonial: Bpk Andi S. Boediman, Chief Innovation Officer, Mojopia, a subsidiary of Telkom & Founder of Digital Studio – School of Computer Graphics
Animasi dan game development adalah business yang bisa dilihat sebagai service industry, di mana animasi melayanai kebutuhan dari pelanggan. Di sini cocok untuk perusahaan berukuran kecil karena modal yang dibutuhkan relatif kecil. Contoh kasusnya adalah animasi untuk kebutuhan visualisasi dan advertising, juga game untuk pesanan perusahaan atau outsourcing.

Potensi terbesar adalah melihat animasi dan game sebagai bagian dari creative industry, di mana intellectual property dimiliki oleh sang kreator. Setiap utilisasi dari animasi dan game, kreator akan mendapat royalti. Di sini animasi digunakan sebagai marketing tools untuk industri merchandise, misalnya programming dari Sponge Bob men-drive penjualan barang-barang yang menggunakan karakter.

Game publisher juga mempu menghasilkan kemampuan sustainability dan scalability ketika kreator mampu memiliki intellectual property. Beberapa contoh adalah industri game Massive Multiplayer Online Role Playing Games (MMORPG) di Korea, seperti Ragnarok dan Ayo Dance. Juga game yang dimainkan di Facebook, seperti Farmville dan Mafia Wars,. Ataupun game yang didistribusikan via mobile seperti Fifa World Cup. Model industri kreatif ini menjadi basis utama industri digital content yang size-nya sangat besar.

Testimonial: Ibu Betti Alisjahbana- Owner QB Headlines
Profesi ini sangat menjanjikan. Sekarang ini game digunakan bukan hanya untuk hiburan, tetapi juga untuk pendidikan. Penyampaian materi pendidikan dengan cara yang jauh lebih menarik dan interaktif akan sangat menunjang proses belajar. industri ini akan berkembang sejalan dengan meningkatnya penetrasi broadband.

Testimonial: Bapak Indra Utoyo, Chief Information Technology Officer of PT Telekomunikasi Indonesia tbk
Di era konseptual, dimana kreatifitas dan empati menjadi kunci, maka game merupakan bidang yang sangat luas termasuk dalam bidang pendidikan agar belajar dan bekerja lebih menyenangkan. Profesi game developer tentu sangat diperlukan. Value tertinggi akan diperoleh pada saat game developer menguasi desain, story telling dan brandingnya.

kesimpulan yang didapat dari para ahli tersebut adalah game developer merupakan profesi yang tidak menuntut modal besar, yang dibutuhkan adalah kreativitas creator dan terobosan-terobasan baru yang diciptakan. selain itu peran serta pemerintah dalam mendukung para game developer juga merupakan faktor penting yang harus dimiliki.

One Response

  1. jadi inget presentasi mas Samuel henry waktu seminar.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: