Pentingnya Membuat Prototype


Prototype
Sebuah prototipe adalah tipe yang asli, bentuk, atau contoh dari sesuatu yang dipakai sebagai contoh yang khas, dasar, atau standar untuk hal-hal lain dari kategori yang sama. Kata ini berasal dari πρωτότυπον Yunani (prototypon), “bentuk primitif”, “netral πρωτότυπος (prototypos),” asli, primitif, dari πρῶτος (protos), “pertama” dan τύπος (typos), “kesan”

Kategori prototype dasar
Tidak ada kesepakatan umum tentang apa yang merupakan prototipe “” dan kata tersebut sering digunakan bergantian dengan kata “model” yang dapat menyebabkan kebingungan. Secara umum, “prototipe” jatuh ke dalam empat kategori dasar:
Proof-of-Principle Prototype (Model) Jenis prototipe ini digunakan untuk menguji beberapa aspek dari desain tanpa mencoba mensimulasikan persis tampilan visual. prototipe tersebut dapat digunakan untuk “membuktikan” pendekatan desain yang potensial seperti gerakan, mekanika, sensor, arsitektur, dll.
Form Study Prototype (Model). Jenis prototipe akan memungkinkan desainer untuk mengeksplorasi dasar ukuran, tampilan dan nuansa dari suatu produk tanpa simulasi fungsi aktual atau tampilan visual yang tepat dari produk. Mereka dapat membantu menilai faktor ergonomis dan memberikan wawasan tentang aspek visual dari bentuk final produk.
Visual Prototype (Model) akan menangkap estetika warna dan tekstur permukaan dari produk yang dimaksudkan tetapi tidak akan benar-benar mewujudkan fungsi dari produk akhir.
Functional Prototype (Model) akan, secara lebih luas praktis, berusaha untuk mensimulasikan rancangan akhir, estetika, bahan dan fungsi dari desain yang dimaksud. Prototipe fungsional dapat dikurangi dalam ukuran (skala bawah) untuk mengurangi biaya. Pembangunan prototipe skala penuh sepenuhnya bekerja dan tes akhir konsep, adalah pemeriksaan terakhir para insinyur ‘cacat desain dan memungkinkan perbaikan-menit terakhir akan dilakukan sebelum menjalankan produksi yang lebih besar yang dipesan.

Tren modern
Dengan kemajuan komputer model terbaru dalam hal ini menjadi praktis untuk menghilangkan penciptaan prototipe fisik (kecuali mungkin pada skala sangat kecil untuk tujuan promosi). Salah satu contoh perkembangan dapat dilihat pada Boeing 787 Dreamliner, di mana realisasi fisik ukuran penuh pertama dibuat pada lini produksi seri. Pemodelan Komputer sekarang sedang banyak digunakan dalam desain otomotif, baik untuk form (dalam styling dan aerodinamis kendaraan), dan fungsi – terutama untuk meningkatkan crashworthiness kendaraan dan pengurangan berat badan untuk meningkatkan jarak tempuh.

Computer programming/computer science
Dalam banyak bahasa pemrograman, sebuah prototipe fungsi adalah deklarasi subroutine atau fungsi ( C / C + +) Dalam pemrograman prototipe berbasis object (bentuk pemrograman berorientasi obyek), obyek-obyek baru diproduksi oleh obyek yang sudah ada, yang disebut prototipe.
Selain itu, istilah ini dapat merujuk ke pola desain prototipe.
Prototipe perangkat lunak sering disebut sebagai kelas alpha, yang berarti itu adalah versi pertama untuk menjalankan. Seringkali hanya beberapa fungsi diimplementasikan, menjadi fokus utama alpha adalah memiliki kode dasar fungsional pada fitur yang dapat ditambahkan. Setelah perangkat lunak alpha kelas memiliki sebagian besar fitur yang diperlukan terintegrasi ke dalamnya, menjadi perangkat lunak beta untuk pengujian seluruh perangkat lunak dan untuk menyesuaikan program untuk merespon dengan benar dalam situasi yang tak terduga selama pengembangan.

Keuntungan dan kerugian
Keuntungan dari prototipe
Dapat memberikan bukti konsep yang diperlukan untuk menarik dana
Awal visibilitas prototipe memberikan pengguna gagasan tentang apa sistem akhir seperti apa
Mendorong partisipasi aktif antara pengguna dan produsen
Memungkinkan output yang lebih tinggi untuk pengguna
Biaya yang efektif (biaya Pengembangan dikurangi)
Meningkatkan kecepatan pengembangan sistem
Membantu untuk mengidentifikasi masalah dengan kemanjuran dari desain sebelumnya, analisis persyaratan dan kegiatan coding
Membantu menyempurnakan potensi risiko yang terkait dengan pengiriman sistem yang dikembangkan
Berbagai aspek dapat diuji dan umpan balik yang cepat bisa didapat dari pengguna
Membantu memberikan produk dengan kualitas bagus
Pengguna dapat berinteraksi selama siklus pengembangan prototipe

Kekurangan dari prototyping
Produsen bisa menghasilkan sebuah sistem yang tidak memadai untuk kebutuhan organisasi secara keseluruhan
Pengguna bisa terlalu terlibat sedangkan program tidak bisa dengan standar yang tinggi
Struktur sistem dapat rusak karena banyak perubahan dapat dilakukan
Produsen mungkin terlalu melekat pada prototype (bisa menyebabkan keterlibatan hukum)
Tidak cocok untuk aplikasi besar
Selama jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan kerugian kepentingan konsumen dan pembatalan berikutnya karena kurangnya pasar (untuk produk komersial)

3 Responses

  1. terima kasih

  2. 5

  3. ah,, c dian ternyata,, kirain orang laen,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: