Web Design


Perancangan web adalah proses merancang halaman web, situs web, Wweb atau aplikasi multimedia untuk Web. Memanfaatkan berbagai disiplin ilmu, seperti animasi, authoring, desain komunikasi, identitas korporat, desain grafis, interaksi manusia-komputer, arsitektur informasi, interaksi desain, pemasaran, fotografi, mesin pencari optimasi dan tipografi.
-Markup bahasa (seperti HTML, XHTML dan XML)
-Gaya lembar bahasa (seperti CSS dan XSL)
-Client-side scripting (seperti JavaScript dan VBScript)
-Server-side scripting (seperti PHP dan ASP)
-Teknologi database (seperti MySQL dan PostgreSQL)
-Teknologi multimedia (seperti Flash dan Silverlight)

Halaman web dan situs web dapat halaman statis, atau dapat diprogram ke halaman yang dinamis akan secara otomatis menyesuaikan konten atau tampilan visual, tergantung pada berbagai faktor, seperti masukan dari pengguna akhir atau masukan dari Webmaster.

Beberapa tips website design:

1. Grafis/Gambar

Grafis atau gambar merupakan bagian terpenting dari suatu desain situs Internet. Dengan grafis/gambar, kita dapat memberikan unsur warna, kesan dan tema. Unsur-unsur tersebut sangat dibutuhkan, asalkan tidak terlalu berlebihan.

2. Layout

Merancang sebuah layout website desain yang tampak sama untuk semua halaman situs Anda akan lebih memudahkan pengunjung dalam memahami isi situs Anda, daripada membuat layout website design yang berbeda-beda untuk setiap halaman. Anda boleh membuat layout halaman yang berbeda-beda untuk setiap penulisan halaman, namun sebaiknya setiap halaman mempunyai dasar layout yang hampir sama.

3. Navigasi

Navigasi yang mudah merupakan hal yang penting dalam situs yang baik. Jika pengunjung tidak mendapat apa pun dari situs Anda, apakah mereka akan tetap mengunjungi situs itu?

4. Iklan

Iklan yang terlalu banyak merupakan hal yang buruk bagi para pengunjung. Cobalah untuk menempatkannya sebaik mungkin di tempat yang paling dihiraukan pengunjung tanpa mengganggu prioritas isi atau content yang ada.

5. Proses Pemeliharaan (maintenance)

Jika Anda menghubungkannya dengan situs yang lain, Anda harus memeriksanya secara rutin untuk memastikannya masih ada, karena kadang ada situs yang hilang.

6. Sesuatu yang ‘Berkedip’

Sesuatu yang berkedip, entah itu gambar maupun tulisan, dapat menjadi hal yang mengganggu pengunjung.

7. Ramai/Berisik

Banyak orang sering menambahkan musik pada situs mereka. Semua itu baik, tetapi jika lagu terlalu keras hingga pengunjung tidak nyaman apakah itu bagus?

8. Pop-Ups

Tidak hanya iklan pop-up namun juga pop up boxes. Anda tahu, ketika Anda membuka sebuah situs dan kemudian nama Anda ditanyakan, mungkin itu masih bisa dimaklumi. Namun jika kemudian muncul 5 (lima) baris pertanyaan berbeda atau harus menjawab sebuah pertanyaan di setiap halaman situs tersebut, maka pengunjung akan segera menutup dan meninggalkan situs tersebut, karena merasa terganggu.

9. Warna

Dengan memberikan warna yang tepat, maka akan menambah kesempurnaan situs, sehingga halaman-halamannya akan mudah dibaca. Anda harus yakin bahwa warna yang Anda berikan akan sesuai dengan warna text.

10. Fonts

Anda tidak harus memakai standart fonts yang sama terus menerus dalam sebuah situs agar tidak membosankan. Ada banyak sekali jenis font yang lain, yang akan membuat tulisan Anda terlihat lebih menarik. Namun pemakaian font yang terlalu beraneka ragam dalam suatu halaman juga tidak baik.

11. Gaya Penulisan

Setiap orang mempunyai cara penulisan sendiri. Anda dapat menjadi seseorang yang lucu, serius, atau apa adanya. Bagaimana Anda menulis dalam situs Anda adalah hak Anda sepenuhnya walaupun terkadang Anda butuh jasa website, dan Anda perlu memilih dengan gaya penulisan yang sesuai.

12. Isi/Content

Anda akan buat website seperti apa? Anda harus yakin bahwa ejaan dan tata bahasa yang dipergunakan sudah benar, dan jika Anda mempunyai cukup waktu, bacalah ulang untuk meyakinkan bahwa sudah tidak ada lagi kesalahan bahasa.

disini saya akan memberi contoh web design yang kurang menarik (menurut saya yah, jadi CMIIW)

ini mau kejar setoran atau apa? sampe segini banyaknya iklan…


yang ini navigasinya ga bagus, mau donlot tapi mesti masuk ke blog orang dulu…


udah mesti masuk blog orang dulu ga apdet pula….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: