Bagaimana Cara Memulai Bisnis On-Line


Bisnis On-Line? menjanjikan ga sih? Mungkin kita selama ini bertanya-tanya mengenai bisnis on-line. Karena sekarang ini bisnis on-line sudah menjamur kemana-mana.

Bisnis On-Line dahulu hanya merupakan secondary dari bisnis primer di dunia nyata. Tapi sekarang banyak usaha-usaha yang gulung tikar di dunia nyata dan mulai merambah pasaran di dunia maya. Karena usaha on-line lebih murah dan lebih mudah dalam hal pemasaran produk.

Sebagai contoh, bisnis on-line hanya membutuhkan biaya internet 200 ribu per bulan, bandingkan dengan kita menyewa sebuah kios atau ruko. Pemasaran bisnis on-line lebih cepat dan luas, cakupannya seluruh nusantara bahkan dunia. Tertarik untuk menggeluti bidang bisnis on-line? Saya akan berbagi tips jitu seputar berbisnis di dunia maya. Sudah terbukti ampuh. Cekidot.

1. Niat Ya semuanya memang harus ada niat. Terserah anda niat anda itu untuk apa. Untuk beli rumah, beli mobil, nikah, bikin bangga orang tua, dsb. jadi kalo tidak ada niat, silahkan tutup saja tips ini. Saya ada niat tapi niat saya sering naik turun bagaimana dong? Wah kalau seperti itu anda harus banyak baca-baca buku tentang self improvement tinggal download saja, banyak kok.

2. Modal Mungkin kebanyakan dari anda berpendapat modal adalah salah satu hal yang sulit dicari. Anda salah besar jika berpendapat seperti itu. Berjualan on-line bisa dengan modal 0 rupiah saja. Itu jika dihitung anda nebeng computer orang untuk berbisnis on-line. Manfaatkanlah teman anda sebaik mungkin jika anda tidak ingin mengeluarkan modal. Ok, mari kita berbicara lebih serius. Dalam berbisnis on-line ada yang namanya RTM (Resseler Tanpa Modal), nah RTM ini di khususkan untuk anda yang bermodal minim untuk melakukan kegiatan usaha. Maksud dari RTM ini adalah anda bekerja seperti sales dalam berbisnis, anda bekerja sama dengan seller asli dari barang yang diperjual belikan. Anda tawarkan ke pada pelanggan anda bahwa barang tersebut sebagai barang anda (atas seijin seller asli) kemudian anda jual barang tersebut atas nama anda juga. Biasanya para RTM ini mendapat potongan khusus dari para seller asli. Dan enaknya lagi anda bisa bekerja sama dengan seller-seller lain untuk mendapat barang dengan jenis yang beraneka ragam.

3. Mesti punya situs pribadi Anggapan ini sama sekali salah. Anda tidak harus mempunyai situs pribadi untuk berjualan secara on-line. Manfaatkanlah situs-situs jejaring social yang sedang marak sekarang ini untuk promosi sebesar-besarnya. Sebagai contohnya anda bisa menggunakan facebook untuk membuat profile barang dagangan anda. Sehingga anda tidak harus membeli banner iklan yang tersedia. Atau anda bisa memanfaatkan forum-forum yang menyediakan tempat untuk berjualan seperti KasKus. Di dalam forum biasanya ada yang namanya GRP (Good Reputation Point) dan BRP (bad Reputation Point) kumpulkan GRP sebanyak-banyaknya untuk modal kepercayaan konsumen.

4. Transaksi ini penting dalam bisnis on-line, transaksi yang dilakukan harus memudahkan pelanggan. Jenis-jenis transaksi yang di gunakan dalam bisnis on-line adalah pembayaran langsung ke rekening si seller, pembukaan RekBer (Rekening Rersama), dan COD (Cash On Delivery). RekBer dan COD biasanya digunakan untuk menghindari penipuan dalam hal berjualan barang, sehingga bisa meminimalisir kucing dalam karung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: